Memperpanjang umur aki/accu dengan Radiant charger


Memperpanjang umur aki/accu dengan Radiant charger

Radiant charger adalah pengisi baterai dengan arus berbeda dari listrik biasa. Saat suatu kumparan yang sedang dialiri arus diputus listriknya, dari kumparan akan timbul listrik imbas yang mengalir dengan arah kebalikan dari arah arus semula. Arus ini mempunyai sifat berbeda dari listrik biasa. Bila arus ini dialirkan ke baterai maka baterai akan terisi dengan lebih sempurna dan mempunyai umur lebih panjang. Pada beberapa kasus, baterai yang mati akan bisa dihidupkan kembali dengan arus ini.

Keterangan tentang pengalaman para pemakai bisa dilihat pada link dibawah ini:
http://www.r-charge.com/

Saat listrik diputus kumparan menjadi sumber energi, dimana voltase dari arus ini ditentukan oleh tahanan dari beban dan kumparan itu sendiri. Berdasarkan Peter Lindemann, ini disebut dengan coil collapse durrent. Bila tahanan tidak ada, maka arus akan mengalir ke rangkaian sehingga dapat merusak transistor atau IC karena keduanya mempunyai ketahanan voltase yang rendah. Kasus yang sama terjadi bila listrik yang menghubungkan audio ke speaker putus mendadak. Karena speaker menggunakan kumparan, saat arus diputus speaker akan menghasilkan tegangan. Tegangan balik ini dapat merusak audio bila tidak ada proteksi.

Secara standar peralatan listrik yang menggunakan kumparan dengan power yang besar selalu ditambahkan dengan dioda yang terpasang paralel dengan arah berlawanan dengan arah arus. Sehingga saat arus diputus arus akan dinetralisir dengan mengalir kembali ke kumparan.

Penggunaan arus radiant untuk mengisi baterai mempunyai kelebihan:
– masa pengisian yang jauh lebih cepat
– voltase pengisian lebih tinggi, dapat meningkatkan hingga 15%
– arus yang terisi akan lebih banyak
– memperpanjang umur baterai

Cara pemanfaatan arus ini bermacam – macam. Pemanfaatan arus ini diperkenalkan oleh John Bedini. Yang membuat replika untuk perkenalan alat ini pertama kali adalah anak 9 tahun untuk pembuatan tugas sekolah. Alat yang dibuat anak kecil ini membuat para guru menjadi takjub karena alat dapat berputar terus menerus tanpa banyak mengurangi kekuatan dari baterai.

Ada beberapa cara untuk menghasilkan arus ini. Cara yang barusan umum disebut dengan Bedini School Girl. Cara pembuatan dapat dilihat di:
http://www.icehouse.net/john34/kron.html
http://www.icehouse.net/john34/bedinibearden.html
bedinipositive Memperpanjang umur aki atau baterai dengan Radiant charger

Variasi yang lain adalah dengan transistor:
bedinipositive2 Memperpanjang umur aki atau baterai dengan Radiant charger

Joule Thief:
joulethiefcharge Memperpanjang umur aki atau baterai dengan Radiant charger

Dinamakan joule thief karena rangkaian ini dapat dimodifikasi sehingga mampu menyalakan ratusan LED atau beberapa lampu neon dengan menggunakan satu baterai kecil saja!

Sedang rangkaian yang saya gunakan sebagai berikut:
charger2transswitch Memperpanjang umur aki atau baterai dengan Radiant charger

Rangkaian ini bisa mencharge batere NiMh 2500mAh atau NiCd 1000mAh dalam satu jam tanpa baterai menjadi panas sama sekali. Aki kering 12V 7Ah akan dicharge dalam waktu 6 jam.

Transistor KSC5027 diambil dari power supply komputer. Bisa diganti dengan 2N3055, TIP3055 atau transistor kecepatan tinggi seperti TT2188, atau silahkan pakai yang ada di power supply komputer yang rusak. Memakai dua transistor untuk memperkuat signal dari IC NE555.

Bila anda berminat untuk membuat rangkaian di atas, selalu cek suhu transistor. Bila transistor suhunya meningkat hingga seperti setrika, segera matikan rangkaian sebelum transistornya rusak. Beri pendingin atau kipas. Bila benar maka rangkaian dapat digunakan 24 jam tanpa rusak.

contoh beberapa video yang menunjukkan prinsip dasar kerja arus radian ini di youtube:
http://www.youtube.com/sucahyovideo

Keterangan asli dari John Bedini tentang arus radiant, pada prinsipnya transistor dan IC tidak akan panas dan baterai akan terisi dengan sendirinya walau setelah kabel pengisian dilepas:
http://www.icehouse.net/john1/intro.html

jus copas Sumber artikel : http://my.opera.com/sucahyo/blog/2009/10/22/memperpanjang-umur-aki-atau-baterai-dengan-radiant-charger

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: